![]() |
| Toyota resmi rilis Hilux Listrik, siap mengaspal mulai Desember 2025. (Dok. Ist) |
JATIMTERKINI.ID — Toyota akhirnya memperkenalkan Hilux listrik generasi kesembilan, menandai era baru bagi pikap legendaris yang selama ini identik dengan ketangguhan mesin diesel dan bensin.
Model terbaru ini menjadi bagian dari strategi “multipath” Toyota, yang menghadirkan beragam pilihan penggerak mulai dari hibrida 48V, mesin konvensional, hingga teknologi hidrogen yang direncanakan meluncur pada 2028.
Mengutip GSM Arena, Toyota memastikan Hilux Battery Electric Vehicle (BEV) dibangun menggunakan platform ladder frame kokoh seperti model bermesin internal combustion.
Di bawah lantainya tersimpan baterai lithium-ion 59,2 kWh yang menggerakkan dua motor listrik masing-masing di gardan depan dan belakang.
Kombinasi “eAxle” tersebut menghadirkan penggerak all-wheel drive permanen, dengan torsi 205 Nm di depan dan 268,6 Nm di belakang.
Tetap tangguh meski beralih ke baterai
Toyota merancang Hilux listrik agar tetap mumpuni di medan berat.
Baterai dilindungi secara khusus dari benturan, batu, hingga genangan air.
Pabrikan bahkan menyebut kemampuan arungnya setara dengan Hilux diesel standar, sehingga mobil ini tetap bisa digunakan untuk melibas sungai dangkal atau jalan tergenang.
Truk ini juga dilengkapi Multi-Terrain Select, sistem yang menggunakan kombinasi rem dan motor listrik untuk mengoptimalkan traksi di jalan sulit meniru fungsi 4x4 low-range tradisional.
Meski begitu, kapasitas daya angkut sekitar 715 kg dan daya tarik 1.600 kg membuat Hilux listrik lebih cocok untuk pelanggan armada yang membutuhkan kendaraan tanpa emisi untuk pengiriman dalam kota dan pekerjaan ringan.
Jangkauan 240 Km, fokus pada rute pendek
Toyota memperkirakan Hilux BEV dapat melaju sekitar 240 km menurut siklus WLTP.
Jarak ini dapat turun signifikan ketika membawa muatan penuh atau menarik trailer. Karena itu, penggunaan terbaiknya adalah untuk rute lokal yang rutin dan mudah diprediksi.
Untuk mengurangi waktu henti, Toyota menyebut pihaknya menargetkan kecepatan pengisian daya terbaik di kelasnya, meski detail mengenai durasi atau daya pengisian belum diumumkan.
Desain “Tangguh dan Lincah” generasi baru
Seluruh lini Hilux generasi kesembilan mendapat pembaruan desain dengan konsep “Tough and Agile”.
Versi BEV tampil mencolok berkat panel depan aerodinamis tanpa gril tradisional serta pelek alloy khusus.
Toyota juga hanya menawarkan model ini dalam konfigurasi Double Cab.
Masuk ke interior, Hilux listrik menghadirkan kabin yang sepenuhnya diperbarui.
Dashboard klasik digantikan layout horizontal modern, dilengkapi panel instrumen digital 12,3 inci dan layar multimedia hingga 12,3 inci.
Model BEV memakai selector shift-by-wire yang lebih ringkas, serta tambahan fitur seperti wireless charger, port USB belakang, dan tangga dek baru di area bak.
Lebih aman dan siap OTA
Toyota turut menyematkan paket T-Mate yang mencakup peningkatan Toyota Safety Sense, dengan fitur baru seperti Proactive Driving Assist dan Emergency Driving Stop System.
Mobil ini juga mendukung pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA).
Toyota memastikan peluncuran global Hilux generasi terbaru dimulai pada Desember 2025, dengan Hilux BEV sebagai model pertama yang tiba di pasar.


